Berikut ini ada artikel di Kedaulatan Rakyat (2012/07/26) yang mengulas mengenai animo wisata Ramadan. Yakni seputar animo wisata di bulan Ramadan pada beberapa objek wisata pantai di Jogja.
Ramadan, Animo Wisata Pantai Tinggi ~ Lebaran, Pendapatan Retribusi Ditarget Rp 700 Juta ~ BANTUL (KR)- Meski bulan Ramadan, pengunjung objek wisata pantai tetap tinggi. Dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bantul, terhitung dari Jumat (20/7) hingga Selasa (24/7), rata-rata pendapatan retribusi wisata Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta/-hari. Sementara pendapatan retribusi pada saat musim Lebaran antara H-2 hingga H+3 Lebaran ditargetkan mencapai Rp 700 juta.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bantul, Drs Bambang Legowo MSi kepada KR menuturkan tren kunjungan wisata tahun ini cenderung meningkat sehingga target pendapatan retribusi pariwisata juga meningkat. “Lebaran tahun lalu pendapatan retribusi wisata hampir mencapai Rp 500 juta dengan pengunjung sebanyak 160 ribu. Maka Lebaran sekarang kami targetkan pendapatan retribusi Rp 700 juta dengan 200 ribu pengunjung,” ujamya.
Bambang menambahkan, Pantai Parangtritis tetap menjadi primadona pengunjung dengan menyumbangkan 87 persen pendapatan retribusi. Kemudian disusul Pantai Goa
Cemara
, Depok dan Kuwaru. Direncanakan di beberapa objek kawasan Bantul akan ada posko-posko seperti posko kesehatan dan pengaduan keamanan.
Terkait bulan puasa, Bambang menyatakan animo wisata pantai tetap tergolong tinggi. Meski begitu jadwal kunjungan mengalami perubahan dari yang sebelumnya pagi hingga siang, selama bulan puasa sore hingga mendekati malam.
“Biasanya pengunjung yang datang ke-banyakan ramai-ramai ngabuburit sekaligus berbuka puasa. Maka dari itu khusus di pantai-pantai tetap ada pedagang kuliner meski-pun tidak sebanyak saat hari biasa,” ujamya.
Ditanya mengenai ubur-ubur, Bambang menyatakan kasus sengatan ubur-ubur terhadap beberapa wisatawan temyata tidak menyu-rutkan minat wisatawan mengunjungi pantai.
Terkait pendapatan wisata, Bambang menyatakan sejak 1 Januari hingga 20 Juli 2012, pendapatan retribusi wisata sudah mencapai Rp 4,6 miliar atau 67 persen dari target hingga Desember Rp 7 miliar.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template