Hari Jumat merupakan hari raya tersendiri bagi umat Islam setiap pekannya. Pada hari Jumat terdapat berbagai amalan yang dapat kita lakukan untuk memperbanyak pahala kita dihadapan Allah SWT. Saking utamanya hari Jumat dibandingkan hari-hari yang lainnya, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra katanya: Rasulullah saw memperkatakan mengenai hari Jum’at. Lalu baginda bersabda: Pada hari Jum’at itu ada suatu saat. Bilamana seorang muslim dapat menepatinya dalam keadaan berdoa, memohon sesuatu daripada Allah, pasti dia akan dianugerahkan apa yang dimohonnya itu.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad, Malik dan Ad-Darimi)

Dalam buku Rahasia di Balik Kewajiban Shalat Jumat karya Imam Musbikin disebutkan pula bahwa pahala bagi orang yang bersedekah di hari Jumat adalah seribu kali lipat dibandingkan dengan di hari-hari lainnya. Sayangnya penulis tidak menemukan kutipan hadits yang menerangkan keutamaan bersedekah di hari Jumat pada buku tersebut tersebut.
Adapun amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan sebelum shalat Jum’at tersebut antara lain:

Mandi di hari Jumat
"Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri ra katanya: Rasulullah saw bersabda: Mandi pada hari Jumat itu adalah wajib atas setiap oran gyang sudah baligh." (Bukhari, Muslim, Nasa'i, Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad, Malik dan Ad-Darimi)
Di riwayatkan dari Abdullah bin Umar ra katanya: Aku mendengan Rasulullah saw telah bersabda: Barangsiapa di kalangan kamu hendak menunaikan shalat Jum'at, maka dia dikehendaki mandi." (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, dan Ibnu Majah).
Datang lebih awal ke Masjid


 "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra katanya: Rasulullah saw bersabda: Sesiapa mandi pada hari jumat seperti mandi hadast besar, kemudian berangkat ke masjid, maka seolah-olah dia mengorbankan seekor unta dan sesiapa berangkat pada kesempatan kedua, maka dia seolah-olah telah mengorbankan seekor lembu. Sesiapa berangkat pada kesempatan ketiga, maka seolah-olah dia telah mengorbankan seekor kanmbing kibas. Barangsiapa berangkat pada kesempatan keempat, seolah-olah telah menyembelih seekor ayam dan sesiapa berangkat pada kesempatan kelima, seakan-akan dia memberikan sedekah sebiji telur. Apabila imam iaitu khatib telah keluar, malaikat-malaikat pun hadir mendengar zikir. Artinya: mereka tidak lagi mencatatkan sesiapa yang datang ke masjid. ( HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i, Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad, Malik dan Ad-Darimi).
Hadits diatas juga penulis temukan di buku Rahasia di Balik Kewajiban Shalat Jumat, dari terjemahannya penulis berpendapat bahwa hadits tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa melayu, bukan bahasa baku Indonesia. Dan sebagai bahan pertimbangan, pada terjemahan diatas, kangmoes mencetak miring (italic) kata-kata yang mungkin bermakna ganda dari sudut penterjemahan.
Namun secara tersirat, kita bisa memahami bahwa itu adalah urut-urutan pahala yang didapat seseorang apabila mendapati masjid tempat shalat jumat sebagai orang yang pertama hadir, kedua, ketiga dst. Jadi memang sebaiknya kita datang menuju shalat Jumat lebih awal.

Memakai pakaian yang terbaik dan memakai wangi-wangian
Rasulullah saw bersabda;
"Barangsiapa mandi pada hari Jumat memakai pakaian yang sebaik-baiknya dan memakai harum-haruman kalau ada, kemudian pergi ke (masjid untuk menjalankan shalat) Jumat, dan di sana ia tidak melangkahi kuduk (pundak) manusia, kemudian ia shalat sunnat, kemudian ia diam ketika imam keluar sampai selesai shalatnya maka yang demikian itu akan menghapuskan dosanya antara Jumat itu dan Jumat yang sebelumnya". (HR. Ibnu Hibban dan Hakim).
Memotong kuku dan menggunting kumis sebelum berangkat shalat jumat
"Rasulullah saw memotong kuku dan menggunting kumisnya pada hari Jumat sebelum beliau pergi shalat". (HR. Baihaqi dan Thabrani)
Memotong kuku merupakan kebutuhan setiap orang untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tangan. Dengan mengepaskan waktunya sebelum berangkat shalat jumat dan berniat untuk mengikuti keridhoan Alloh, selain kebersihan tangan kita dapatkan, Insya ALloh kita juga mendapatkan pahala. Ini serupa dengan seseorang yang menahan lapar untuk berdiet. Jika dia tidak berniat untuk puasa, mungkin hanya manfaat diet saja yang dia peroleh. Namun jika seseorang menahan lapar karena berpuasa dan mengharap ridho Allah, kangmoes yakin bukan hanya manfaat diet yang diperoleh, namun juga pahala dari Alloh.

Di kesempatan lain, kangmoes ingin membahas lebih lanjut mengenai amalan-amalan lainnya yang dianjurkan untuk dikerjakan di hari Jumat dan di seputar ibadah Jumat.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template