Aktivitas chatting menggunakan Yahoo Messenger (YM) tampaknya sudah menjadi semacam kebutuhan penting bagi pengguna internet, termasuk para blogger. Melalui YM kita bisa ngobrol ringan, berdiskusi dan bersilaturahim dengan relasi-relasi kita. Sehingga mau tidak mau, seorang blogger harus menampilkan status yahoo messenger untuk melengkapi situs atau blog mereka.
Beberapa situs penyedia produk atau situs penjualan bahkan menggunakan Yahoo Messenger sebagai layanan tambahan kepada para konsumennya. Ini semua mengindikasikan betapa pentingya keberadaan sebuah fasilitas chat untuk secara personal bertemu dengan pengunjung situs. Jika kita merupakan seorang pengelola sebuah situs, ada baiknya jika kita mulai menyediakan layanan chat dengan pengunjung situs kita.
Layanan mendasar dari sebuah menu chat di website kita adalah ikon gambar yang menampilkan status kita di YM apakah sedang online ataukah offline. Dengan begitu, seseorang yang berkunjung ke situs kita akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengkontak kita. Tentu jika kita membuat dan menampilkan status YM di situs kita..
Contoh tampilan YM status di beberapa situs:

Kabar baiknya kita tidak perlu nongkrong terus menerus di situs kita. Kita bisa "nyambi" baca-baca berita, buka-buka email sembari menunggu situs kita. Untuk menampilkan status ym kita online atau offline di blog, caranya cukup gampang.
Bagi pengguna blogspot / blogger langsung masuk ke halaman admin kemudian klik Tata letak lalu Elemen laman lalu Tambah Gadget.
Lebih jelasnya lihat gambar ini:

Setelah tambah gadget anda klik, akan keluar seperti gambar ini:

Klik pada menu + HTML/JavaScript seperti diatas untuk memunculkan seperti gambar dibawah ini:
Di bagian Judul, masukkan kata Chatting atau Ngobrol atau Status YM-ku, terserah anda. Dan di bagian konten, masukkan kode seperti yang kangmoes tulis di notepad berikut ini:

Anda tinggal mengganti kata id_ym_anda diatas dengan nama ID Yahoo Messenger anda sendiri. Jika ID YM anda adalah slamet_pramono maka anda tinggal mengganti menjadi seperti ini: anda ganti menjadi seperti ini:

Bagi anda yang tidak suka menulis kode secara njelimet seperti diatas, kangmoes menyediakan kode yang siap pakai yang dapat anda download di sini:

Setelah anda download kode diatas, copy pastekan ke dalam form tadi. Contohnya seperti ini:
Klik tombol "simpan" dan langkah ini selesai. Kini YM status anda siap untuk di perlihatkan kepada teman-teman anda.


Ingin membuat tampilan yahoo messenger di situs lebih personal lagi?
Kita bisa mengubah angka 14 pada kode diatas menjadi angka 1 atau 2 atau 3 atau...(sampai) 24 dan anda bisa mendapatkan aneka tampilan yahoo messenger di situs anda.
berikut ini daftar selengkapnya:



Ok, jadi cukup sekian tutorial dari kangmoes tentang cara membuat status yahoo messenger di situs kita. Jika ada yang perlu anda tanyakan, anda bisa memposting comment langsung di sini. Kangmoes masih berharap suatu ketika nanti bisa menulis tentang tutorial yang lain untuk melengkapi  cara membuat status yahoo messenger ini.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template