Pengertian Email menjadi penting diketahui oleh sebagian orang manakala kemajuan internet banyak mempengaruhi kehidupan kita. Hal ini termasuk dalam hal komunikasi melalui surat. Surat-menyurat dengan cara konvensional sudah banyak ditinggalkan, barangkali semenjak mengenal kelebihan email yang mampu mengatasi kelemahan dari surat menyurat konvensional. Dengan email, memungkinkan kita mengirim pesan yang jauh lebih menguntungkan dari pada surat menyurat biasa. Email dapat dikirimkan dengan biaya yang lebih murah dan sampai dalam waktu yang lebih cepat. Lalu apa pengertian email (atau e-mail) itu?
Email adalah singkatan dari electronic mail. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia menjadi;Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah elektronik mail dan sering disingkat dengan email adalah surat yang berbentuk elektronik. Dalam bahasa indonesia, kita mengenail akronim email lainnya, misalnya; surel yang merupakan singkatan dari surat elektronik. Namun saat artikel ini ditulis, penggunaan istilah email lebih populer daripada surel.
Email adalah salah satu fasilitas internet yang cukup banyak digunakan oleh pengguna internet. Hal ini disebabkan email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan email, kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Tak hanya itu, surat yang dikirimkan bisa berupa sauara maupun video.
Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju dengan cepat. Bahkan biaya yang dikeluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan email tersebut. Oleh karenanya bagi orang yang sudah paham mengenai pengertian email, biasanya akan lebih cenderung memilih email dibandingkan dengan surat biasa untuk mengirim pesan.
Konsep email bisa dibilang sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri yang disebut sebagai alamat email. Kita tinggal mengirimkan surat ke kontak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim.
Demikian juga dengan email, masing-masing orang mempunyai alamat email sendiri-sendiri. Yang patut diperhatikan ketika mengirim email adalah pastikan bahwa alamat yang kita tuliskan dalam email adalah 100% sama dengan alamat email punya orang yang kita tuju, karena alamat email hampir sama dengan nomor HP. Pada nomor HP apabila kita salah memencet 1 angka saja, maka otomatis telepon tidak akan nyambung. Sedangkan pada email, apabila kita salah memasukkan 1 huruf saja, email tersebut juga tidak akan sampai. Jika anda sudah memahai mengenai pengertian email diatas, anda bisa mencobanya dengan membuat email.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template