Ini merupakan artikel sambungan dari arikel shalat jumat yang pernah kangmoes tulis sebelumnya. Kali ini kangmoes ingin mengulasnya dengan lebih ringkas. Ulasan kali ini berfokus pada amalan-amalan yang disunahkan sebelum shalat jumat.

1. Mandi

Rasulullah saw bersabda "Mandi pada hari jumat adalah kewajiban bagi setiap orang yang pernah bermimpi (baligh)" (Mutafaq Alaih)
2. Mengenakan pakaian bersih dan menggunakan parfum
" Setiap orang muslim wajib mandi pada hari Jumat, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya, dan jika ia mempunyai parfum maka ia menggunakannya" (HR Ahmad)
Sebagian orang berpendapat bahwa pakaian yang terbaik adalah pakaian yang berwarna putih. Mereka menggunakan dalil di bawah ini sebagai dasar mengapa mereka berpendapat untuk mengenakan pakaian berwarna putih:
"Kenakanlah pakaian-pakaian putih, karena pakaian putih adalah sebaik-baik pakaian kalian. Dan kafanilah dengan kain putih orang yang mati dari kalian" (Hadis shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud no 3878, At Tirmidzi no 994, An Nasa;i VIII/205, Ibnu Majah no 1472 dan Ahmad I/247)
3. Membersihkan gigi dengan siwak atau semacamnya
Berdasarkan hardits Abu Said yang diriwayatkan secara marfu': "Mandi hari Jumat adalah wajib atas setiap orang yang telah mimpi (baligh). Dan hendaknya ia membersihkan gigi dan memakai minyak wangi jika mendapatkan...."
4. Memotong kuku dan kumis sebelum shalat Jumat
"Rasulullah saw memotong kuku dan menggunting kumisnya pada hari Jumat sebelum beliau pergi shalat" (HR Baihaqi dan Thabrani).

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template