Berikut ini tips praktis untuk menjaga dan melindungi keamanan kartu ATM dan PIN ATM anda agar tidak kebobolan.

Kartu ATM
1.  Jangan pinjamkan dompet atau tas anda yang berisi kartu ATM kepada orang yang tidak anda percayai.
2.  Jangan gunakan; Nomer HP, tanggal lahir, nomer SIM dan KTP anda sebagai nomer PIN ATM. Ini akan mudah ditebak.
3.  Segera lapor ke Bank untuk langsung memblokir kartu ATM anda jika kartu anda hilang. Ini akan mencegah pembobolan tabungan anda manakala kartu ATM anda ditangan orang lain.
4.  Anggap nomor PIN ATM sebagai (maaf) kemaluan anda. Ya, kemaluan anda yang itu. Jangan pernah memperlihatkannya kepada siapapun. Petugas bank sekalipun.

Di Mesin ATM
5.  Jangan pilih ATM yang berada di tempat sepi. Pilih ATM yang berada di keramaian.
Tentu saja, pelaku pembajakan ATM akan berpikir berulang kali ketika ingin membajak sebuah ATM. Entah itu menempelkan kamera pengintip atau memasang skimmer untuk menduplikat kartu ATM. Tambahan lagi
6.  Jika memungkinkan, pilih ATM yang berada di bank.
ATM yang berada di bank biasanya memiliki pengamanan yang lebih banyak daripada ATM yang 'numpang' di tempat-tempat lain.
7.  Periksa apabila ada kejanggalan entah itu berupa kabel2 yang tidak wajar atau benda2 aneh pada tombol dan tempat memasukkan kartu. Kalau anda ragu ada yang tidak beres, tinggalkan mesin ATM tersebut dan cari mesin ATM yang lebih aman.
8.  Catat nomer telepon bank yang ada di layar monitor, untuk jaga-jaga jika kartu ATM anda tertelan.
9.  Jika kartu ATM anda tertelan mesin ATM ada beberapa langkah yang perlu anda perhatikan;
Telepon ke nomer telepon bank yang ada pada layar monitor. JANGAN LANGSUNG PERCAYA PADA STIKER YANG TERTEMPEL DI SEKITAR ATM. Ini untuk tindakan berhati-hati. Karena bisa saja pelaku pembobolan ATM memasang sesuatu agar ATM anda macet dan menempelkan stiker nomer telepon bank palsu.
Ketika anda menghubungi petugas bank lewat telepon, jangan pernah memberitahukan pin anda. Diminta sekalipun (sampai mati) jangan pernah!!! Kecuali dalam 2 kondisi berikut ini;
  • Pertugas bank meminta nomor PIN ATM anda tersebut pada jam kerja bank, berada di bank, dan anda sudah mengecek berulang kali bahwa dia adalah petugas bank.
  • Anda sudah mengikhlaskan uang anda untuk dibobol oleh orang lain. :)

Menghindari Pelaku Penipuan
10.  Ketika memasukkan pin anda, tutupi tangan anda. Entah itu dengan tangan anda badan anda.
11.  Ketika sedang mengambil uang dengan antrian dibelakang anda, tingkatkan kewaspadaan. Bukan suudzon bahwa orang dibelakang anda ingin mengetahui PIN ATM anda. Cukup waspada saja.


Langkah pengamanan lainnya
12.  Cetaklah buku tabungan anda secara berkala. Jika ada transaksi / mutasi dana yang mencurigakan, hubungi pihak bank untuk minta penjelasan dan bantuan. Ini agar anda selalu yakin bahwa kartu ATM dan PIN ATM anda aman dari penggandaan / cloning.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template