Jenis-jenis iklan online



Berikut ini jenis-jenis iklan yang kangmoes ketahui di dunia internet yang dapat menjadi lahan promosi. Di sisi pemasang iklan, ini adalah lahan bagi mereka untuk menebar uang :) Sedangkan di sisi blogger dan pemilik situs (yang dipasangi iklan), ini adalah lahan untuk mencari uang.

Jenis-jenis iklan online tersebut antara lain:
1. CPC atau Cost Per Click
Cost artinya ongkos. Cost per click artinya ongkos setiap klik. Penjelasannya adalah, apabila kita seorang pemasang iklan (orang yang berduit tadi), kita membayar iklan yang kita pasang HANYA jika ada orang yang mengeklik iklan kita.
Sebagai kebalikan dari CPC, pihak pemilik website yang dipasangi iklan akan mendapatkan bayaran tiap kali ada iklan yang diklik. Mendapat bayaran setiap ada iklan yang diklik ini secara bisnis online disebut sebagai Paid Per Click atau PPC
Contoh:


Bagi pemasang iklan, iklan diatas adalah CPC
sedangkan bagi blogger atau yang dipasangi iklan, iklan diatas adalah PPC. Tergantung sudut pandang kita.

2. CPI atau Cost Per Impression


Impression artinya kesan. Sedangkan dari segi konteks yang sedang kita bahas, Cost Impression di sini diartikan sebagai Ongkos setiap (seribu) kesan.
Kesan apa?
Maksud dari kesan di sini adalah berapa kali iklan tersebut di lihat oleh pengunjung. Jadi pemilik blog akan mendapatkan uang dari pemasang iklan setiap (seribu) kali iklan tersebut dilihat-tidak perlu diklik- oleh pengunjung.
Kenapa mesti seribu?
Karena belum tentu mengeklik, pasti tidak semua pengunjung tertarik dengan iklan yang di pasang. Ini semacam cara yang adil, karena kalau dihitung satu per satu, jumlah uang yang harus di bayar oleh pemasang iklan terntulah besar sekali.

3. CPA atau Cost Per Action
Ongkos setiap ada aksi. Sederhananya ini dapat diartikan sebagai ongkos yang harus dibayar kepada pemilik blog setiap ada tindakan lanjut dari pengunjung. Jadi pengunjug yang cuma melihat tidak dihitung. Pengunjung yang mengeklik iklan juga tidak dihitung. Hanya pengunjung yang melakukan tindak lanjut dari iklan yang akan di hitung. Misalnya; melakukan pendaftaran atau melakukan pembelian di link yang ditunjuk oleh iklan tersebut.


Gambar diatas adalah contoh iklan CPA dimana pemilik web akan mendapatkan komisi setiap ada pengunjung yang melakukan tindakan lanjutan (entah itu pendaftaran atau pembelian) dari produk layanan telepon dan internet SMART

4. CPT
Bukan singkatan dari Cepetan tetapi Cost per time :). Ongkos pemasangan iklan berdasarkan jangka waktu. Jumlahklik yang diperoleh atau pengunjung yang melihat tidak mempengaruhi ongkos yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan kepada pemilik blog atau website.

 Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, iklan CPT mirip seperti iklan-iklan di papan reklame dan baliho di jalan-jalan.

Note: gambar terakhir diambil dari: kolom-tutorial.blogspot.com

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template