Sebagai blogger baru atau orang yang baru belajar blogging, mungkin kita sering melihat "alat" penghitung jumlah pengunjung di situs-situs lain. Alata yang juga dinamai hit counter ini sangat berguna untuk mengetahui seberapa populerkah situs yang bersangkutan.
Karena memang dapat mempercantik situs, mungkin kita akan bertanya-tanya: Bagaimana cara memasang hit counter di situs kita? Apakah sulit? Berapa duit? dll.
Tidak perlu khawatir, kita bisa memasang hit counter atau pencatat jumlah pengunjung ini secara GRATIS-tis. Dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini, kangmoes berharap dapat membantu anda dalam memasang hit counter secara mudah di situs anda.

Pertama-tama, kita harus menyediakan "alat" penghitung tersebut. Gampangnya, alatnya harus ada dulu, baru bisa kita pasang. Semua pasti setuju dengan ini. Namun, jika harus membuat alatnya, mungkin tidak semua orang setuju dengan ini. :)
Kita tidak perlu khawatir harus berurusan dengan pengkodean dan pembuatan "alat" hit counter ini. Karena beberapa situs sudah menyediakan "alat" hit counter ini secara instan alias "tinggal pake". Yang perlu kita lakukan adalah:
Daftar > Setting > Pasang.
Ada banyak situs yang dapat kita "daftari". Dua diantaranya yakni;
Histats.com
Shinistats.com

Dengan menggunakan layanan dari salah satu situs diatas, selain mendapatkan hit counter, kita juga akan mendapatkan layanan statistik jumlah pengunjung dan dari mana saja mereka berasal. Jadi kita bisa memantau bagaimana kecenderungan kunjungan konsumen dari hari ke hari.
Jika kita membuat situs untuk tujuan bisnis, ini sebuah keuntungan yang tidak boleh dilewatkan. Data asal pengunjung dan kecenderungan kedatangan pengunjung ini dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan tulisan-tulisan kita yang akan datang.
Untuk tutorial kali ini, kita akan mengambil contoh cara pemasangan hit counter menggunakan Histats.com . Secara pribadi kangmoes menyukai hit counter dari Histats ini karena tampilannya yang cukup elegan.
So, mari kita come on. :)

1. Buka situs Histats.com lalu masukkan alamat situs anda di bagian "url" dan pilih bahasa "English". Lalu klik Register.


2. Setelah itu, isi formulir yang muncul, sebagai contoh sebagai berikut ini, lalu klik "continue"



3. Maka anda akan dibawa menuju jendela berikutnya yang berisi bermacam-macam jenis tampilan "alat" penghitung jumlah pengunjung atau hit counter yang dapat anda pilih sesuka hati anda. Dalam tutorial ini, kita akan memilih jenis tampilan yang paling bawah yakni tipe hit counter yang terdiri dari 4 baris. Hit counter ini selain dapat menampilkan catatan pengunjung, juga bisa menampilkan jumlah pengunjung yang sedang online saat ini. Menarik bukan?



4. Setelah mengeklik tombol yang ditunjuk oleh gambar diatas, kita akan dibawa menuju jendela pilihan warna seperti di bawah ini. Pilih sesuka hati anda, lalu klik continue.




5. Muncul jendela baru seperti di bawah ini, klik continue




6. Setelah itu, maka akan muncul jendela baru seperti dibawah ini yang menandakan bahwa "alat" hit counter anda (yang berupa kode-kode) sudah siap.




Copy code html tersebut dan sisipkan kode html tersebut di situs anda.

NB: Cara menyisipkan kode html sudah pernah kangmoes bahas di posting sebelumnya dan kita namai sebagai Jurus Blogging 1.




Setelah selesai, pencatat jumlah pengunjung tersebut akan tampak seperti pada gambar dibawah ini:



NB:
1. Jangan lupa untuk mengaktifkan konfirmasi dari histats yang dikirim via email kepada anda.
2. Tampilan hit counter tersebut mungkin berbeda dengan punya anda, tergantung pilihan baris dan warna hit counter anda sebelumnya
3. Hit counter mungkin butuh beberapa saat untuk mengkonfigurasikan sistem dan baru muncul beberapa saat kemudian.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template