CMS (Content Management System)

Apa itu CMS 
CMS adalah singkatan dari Content Management System alias Sistem Pengatur Content. Content yang di maksud di sini adalah isi suatu website karena CMS diperuntukkan membangun website. Misalnya, sebuah website perusahaan terdiri dari profil perusahaan, foto-foto, buku tamu, nomor kontak, dan lain-lain. Agar semua informasi tersebut dapat terjalin dengan teratur dan memudahkan pihak admin untuk mengupdate dan mengotak-atik isi dari sebuah website, dipakailah CMS.
Tahun 2000an, ketika kangmoes pertama kali mengenal dan belajar membangun website, kangmoes harus membuat website secara manual. Kangmoes harus membangun website tersebut satu persatu alias halaman perhalaman. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya mengatur link dan pengarsipannya.
Namun, dengan adanya CMS, seseorang yang masih awam terhadap pembuatan website atau bahasa HTML bisa dengan mudah membat website bertaraf profesional.
Thanks to Joomla, Wordpress, Blogspot dan CMS-CMS lainnya yang telah memudahkan kita membangun website.
Jika diibaratkan program pengolah kata. Ketika jaman DOS sedang populer, seseorang harus mengetikkan berbagai kode perintah di layar, hanya untuk membuat sebuah tulisan rata kanan, center, atau tebal. Namun sekarang, dengan Open Office atau Ms Word, kita bisa membuat sebuah teks berwarna, tebal, bergaris bawah, miring, dengan sekali klik.

Copyright © 2009 - Tips, Trik, Tutorial - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template